jenis-jenis jaringan komputer dan Penjelasan Singkat

1:53 PM

 

Teknologi membuat terobosan besar pada tahun 1936 ketika komputer pertama ditemukan. Namun, tidak sampai bertahun-tahun kemudian pada tahun 1969 hubungan dari komputer ke komputer pertama kali dibuat. Perkembangan inilah yang pada akhirnya membuka jalan bagi dunia berbasis Internet saat ini.

Jadi, apa itu jaringan? Jaringan adalah koneksi dua atau lebih komputer yang terhubung untuk berbagi file, sumber daya, dan memungkinkan komunikasi. Jenis jaringan tergantung pada jumlah perangkat, serta lokasi dan jarak antara masing-masing.

Apakah kalian tahu jaringan apa yang digunakan rumah atau bisnis kalian? Jika tidak, cari tahu dengan melihat beberapa jenis jaringan yang umum digunakan di bawah ini.

Personal Area Network (PAN)

PAN adalah jaringan terkecil dan paling dasar yang akan kalian temukan. jaringan ini dimaksudkan untuk mencakup area yang sangat kecil (biasanya satu kamar atau bangunan). PAN paling sering digunakan untuk satu individu dan untuk menghubungkan hanya beberapa perangkat seperti komputer, ponsel pintar, dan printer. Mungkin teknologi PAN yang paling terkenal adalah koneksi Bluetooth.

Local Area Network (LAN)

LAN adalah jenis jaringan yang sangat umum dan terkenal. Seperti namanya, LAN menghubungkan sekelompok komputer atau perangkat bersama-sama di area lokal. Jenis jaringan ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat di seluruh sebuah gedung bahkan 2-3 gedung tergantung pada kedekatan satu sama lain.

Wireless Local Area Network (WLAN)

WLAN pada dasarnya sama dengan LAN, namun WLAN tidak bergantung pada kabel untuk terhubung ke jaringan. Jadi, saat kalian menggunakan WiFi, kalian menggunakan WLAN. WLAN biasanya digunakan dalam skenario yang sama dengan LAN, itu hanya tergantung pada kalian untuk memilih mana yang lebih disukai.

Metropolitan Area Network (MAN)

Lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, MAN menggabungkan elemen dari kedua jenis jaringan. MAN menghubungkan beberapa LAN bersama-sama dan mencakup seluruh wilayah geografis seperti kota atau gedung (atau kadang-kadang kampus).

Wide Area Network (WAN)

Seperti LAN, Anda mungkin mengenali istilah "WAN." WAN melakukan hal yang sama seperti LAN tetapi melintasi area yang lebih besar saat menghubungkan lebih banyak perangkat. Bahkan ketika berkilo kilo meter jaraknya, WAN dapat menghubungkan perangkat bersama dari jarak jauh. Faktanya, contoh paling dasar dari WAN adalah Internet yang menghubungkan komputer dan perangkat di seluruh dunia. Karena jauh lebih besar, jenis jaringan ini biasanya dikelola oleh banyak administrator dan kepemilikan didistribusikan ke berbagai organisasi.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments