Phising Penjelasan Lengkap Dan Cara Mencegahnya

10:02 AM

 

Phising Penjelasan Lengkap Dan Cara Mencegahnya

Phising

Phishing adalah bentuk penipuan di mana penyerang menyamar sebagai entitas resmi atau orang yang memiliki reputasi baik dalam email atau bentuk komunikasi lainnya. Penyerang biasanya akan menggunakan email phishing untuk mendistribusikan tautan atau lampiran berbahaya yang dapat melakukan berbagai fungsi. Beberapa akan menagmbil alamat login atau informasi akun dari korban.

Phishing sangat populer di kalangan penjahat dunia maya karena jauh lebih mudah untuk mengelabui seseorang agar mengklik tautan berbahaya dalam email. penting untuk mempelajari lebih lanjut tentang phishing serta cara mendeteksi dan cara mencegahnya.

Cara kerja phising

Serangan phishing umumnya didasarkan pada teknik jejaring sosial yang diterapkan pada email atau metode komunikasi elektronik lainnya termasuk pesan langsung yang dikirim melalui jejaring sosial dan SMS.

Phisher dapat menggunakan sumber informasi publik untuk mengumpulkan informasi umum tentang sejarah, pribadi, profesi, minat dan kegiatan para korban. Data tersebut biasanya didapat melalui jejaring sosial seperti LinkedIn, Facebook dan Twitter. Sumber -sumber ini umumnya digunakan untuk menemukan informasi seperti nama, posisi dan alamat email calon korban. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk membuat email yang dapat dipercaya.

Cara mencegah phising

Untuk mencegah phising kalian perlu melakukan beberapa instalasi keamanan seperti dibawah ini

  • Antivirus software
  • Antispyware software
  • Antiphising software
  • Antiphising toolbar (instal di browser)
  • Gateway email filter

 

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments