Penggaris Digital Sensor Ultrasonic Dengan Tampilan LCD 16x2

3:56 PM

Pada pembahasan kali ini kita akan mengembangkan dari artikel sebelumnya yaitu dengan menggabungkan LCD 16x2 dan sensor ultrasonic menjadi sebuah alat yaitu penggaris digital, tentu saja kita masih menggunakan mikrokontroller arduino uno sebagai pemroses data, alat ini juga bisa digunakan untuk mengetahui jarak parkir pada mobil sehingga tidak menabrak dan mengantisipasi terjadinya gesekan body mobil, untuk pembuatannya langsung saja simak pada penjelasan dibawah ini.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan yaitu

  • arduino uno dengan kabel datanya
  • sensor ultrasonic hc-sr04
  • LCD 16x2 dengan i2c
  • Project Board
  • kabel jumper secukupnya

 

                        Rangkaian Penggaris Digital

Rangkaian Penggaris Digital sensor ultrasonic dengan tampilan LCD 16x2 : 

  • Sambungkan semua kabel hitam ke untuk GND pada arduino  
  • Kabel merah sambungkan ke VCC/5V
  • Pin SDA pada LCD 16x2 hubungkan ke pin SDA pada arduino
  • Pin SCL pada LCD 16x2 hubungkan ke pin SCL pada arduino
  • Pin Trig pada sensor ultrasonic hubungkan ke pin digital 10 pada arduino
  • Pin Echo pada sensor ultrasonic hubungkan ke pin digital 9 pada arduino

Program Penggaris Digital sensor ultrasonic dengan tampilan LCD 16x2 : 

  • Hubungkan kabel data arduino ke pc/laptop
  • Buka aplikasi ArduinoIDE
  • Copy program yang ada dibawah ini dan pastekan ke aplikasi ArduinoIDE
  • Upload program 

[Program]

#include 

#include 

LiquidCrystal_I2C lcd(0x27, 16, 2);

int trig_pin = 10;

int echo_pin = 9;

long echotime; 

float distance;

void setup() {

  Serial.begin(9600);

  lcd.begin();

  pinMode(trig_pin, OUTPUT); 

  pinMode(echo_pin, INPUT);

  digitalWrite(trig_pin, LOW);  

}

void loop() {

  digitalWrite(trig_pin, HIGH);

  delayMicroseconds(10);

  digitalWrite(trig_pin, LOW);

  echotime= pulseIn(echo_pin, HIGH);

  distance= 0.0001*((float)echotime*340.0)/2.0;

  Serial.print(distance);

  Serial.println(" cm");  

  lcd.setCursor(0,0);

  lcd.print("PENGGARIS");

  lcd.setCursor(0,1);

  lcd.print(distance);

  lcd.print("cm");

  delay(500);

}

Pada baris pertam program merupakan perintah untuk memanggil library dari LCD yang telah diincludekan kedalam arduino ide.

Kemudian pada baris berikutnya yaitu pendefinisian pin dari sensor ultrasonik yati pin ECHO dan TRIG, untuk pin trig karena dipasang pada pin arduino pada pin 10 maka pada program didefinisikan pada prin 10 juga, begitupula pada pin echo, karena pada arduino terpasang pada pin 9 maka pada program juga didefinisikan pada pn 9.

Selanjutnya pada baris void setup(), pin trig di definisikan sebagai output, karena pin trig ini memancarkan sinyal dari sensor ultrasonik keluar dan sinyal akan ditangkap oleh pin echo, sehingga pada pin echo didefinisikan sebagai input.

Berikutnya pada baris void loop() terdapat rumus untuk menghitung jarak, untuk rumus yang dipakai masih menggunakan yang standard yaitu S=V*T (jarak = kecepatan x waktu), pada program diatas menggunakan waktu micro second dan kecepatan jadi m/s (340 m/s), jadi perlu dikonversi ke centimeter sehingga menjadi (distance=0.0001*((float)echotime*340.0)/2.0;). Pada rumus tersebut kenapa dibagi menjadi 2? Yap... karena merupakan waktu dari trig memancarkan sinyal dan echo menerima sinyal oantulan dari trig, jadi jarak yang terukur menjadi 2kali dari jarak sebenarnya maka perlunya untuk dibagi menjadi 2.

Kemudian pada baris berikutnya yaitu pada lcd.setCursor merupakan program untuk menampilkan bari dan kolom teks yang akan ditampilakan, karena pada project kali ini menggunakan LCD 16x2 maka pada setCursor akan di definisikan pada kolom dan baris ke (0,0), 0 merupakan kolom ke 1 atau kolom paling kiri pada LCD, dan 0 berikutnya merupakan baris ke 1 atau baris paling atas pada tampilan LCD, jadi untuk pindah baris ke 2 dan kolom ke 1 pada tampilan LCD maka dapat didefinisikan pada program (0,1) maka teks akan tampil pada kolom ke 1 dan baris ke 2

Pada dasarnya cara kerja program diatas yaitu dengan menambahkan library LCD i2c supaya tulisan dapat muncul pada tampilan lcd, untuk program lainnya sama seperti artikel sebelumnya, tetapi perbedaannya yaitu pada artikel sebelumnya jarak hanya ditampilkan diserial monitor pada ArduinoIDE, dan artikel ini jarak akan ditampilkan ke LCD 16x2, sehingga tidak perlu lagi melihat serial monitor untuk mengetahui hasil jarak yang terukur oleh sensor ultrasonic, setelah selesai dengan project penggaris digital ini kalian dapat juga mengembangkannya menjadi pengukur tinggi badan digital yang paten dengan tinggi 2 meter atau yang portabel.


Penggaris Digital Sensor Ultrasonic Dengan Tampilan LCD 16x2

Sekian artikel kali ini, cukup mudah kan dalam membuat penggaris digital ini... jika kalian masih bingung atau bertanya seputar project yang lainnya bisa tulis dikolom komentar atau kirimkan email yang tertera pada website, terimakasih semoga dapat bermanfaat

 


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments