5 Menit Program Menghidupkan Led Dengan PIR Sensor (Motion Sensor) Pada Arduino

9:45 AM

Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menghidupkan LED dengan deteksi gerakan menggunakan PIR Sensor di Arduino. Sebelumnya akan diperkenalkan secara singkat tentang apa itu sensor pir, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

PIR SENSOR

Sensor yang dapat mendeteksi benda/hewan dengan cara mendeteksi energi panas dalam bentuk radiasi inframerah, sensor ini hanya menerima radiasi disekitarnya dan tidak memancarkan energi apapun sama sekali, maka dari itu disebut PIR (Pasive InfraRed) 

PIR Sensor
PIR Sensor

Modul PIR Sensor memiliki 3 pin yaitu VCC,GND untuk memberikan suplai daya kepada modul, dan Pin Out untuk memberikan suatu nilai terhadap sensor. terdapat 2 potensio pada modul PIR tersebut yang gunanya untuk mengatur sensitivitas sensor dan satunya untuk mengatur sinyal waktu output ketika objek terdeteksi. Potensio tersebut dapat kita putar untuk mengatur sensivitas dan waktu delaynya. Gunakan obeng – untuk memutarnya.

untuk  menghidupkan LED dengan deteksi gerakan menggunakan PIR Sensor di Arduino alat dan bahan yang diperlukan yaitu

  • Arduino dan Kabel USBnya
  • PIR Sensor
  • LED
  • Projectboard
  • Kabel Jumper Secukupnya

rangkaian led dengan pir sensor di arduino

Cara Merangkai : 

  • Hubungkan VCC yang ada pada PIR Sensor ke pin 3v Arduino
  • Hubungkan GND pada PIR Sensor dan LED ke pin GND pada Arduino
  • Hubungkan pin output pada sensor pir ke pin 7 pada arduino atau pada gambar kabel warna kuning
  • Pada kaki Anode(+)/ kaki yang lebih panjang dihubungkan ke kaki resistor 330ohm dan kaki yang lain dari resistor dihubungkan ke pin 13 pada arduino uno

Program Menghidupkan Led Dengan PIR Sensor (Motion Sensor) Pada Arduino : 

  • Konekkan Arduino dengan pc/laptop menggunakan kabel data arduino
  • Ketika sudah terhubung setting port  kabel data yang terhubung
  • Copy program yang ada dibawah ini dan kemudian paste pada project di aplikasi Arduino IDE
  • Upload program seperti biasa dan uji coba sensor dengan gerakan tangan
[Progam]
#define PIR_PIN 7

#define LED_PIN 13

long int

 // jeda waktu indikator hidup ketika sensor PIR mendeteksi

 // gerakan dalam milidetik

 ledOn = 1000,

 lastTime = -ledOn; // penghitung waktu (default led mati)

void setup(){

 Serial.begin(9600);

 pinMode(LED_PIN, OUTPUT); // Atur pin 13 menjadi mode Output

 pinMode(PIR_PIN, INPUT); // Atur pin 2 menjadi mode input

 digitalWrite(LED_PIN, LOW); // matikan led indikator

 delay(100); // Jeda sebentar

}

void loop(){

 if(digitalRead(PIR_PIN) == HIGH){

  lastTime = millis();

  Serial.println("Motion Detected");

  delay(100);

 }else{

  Serial.println("No Motion");

  delay(100);

 }

 if ((millis() - lastTime) < ledOn){

  digitalWrite(LED_PIN, HIGH);

 }else{

  digitalWrite(LED_PIN, LOW);
}
}


Penjelasan program diatas yaitu :

Pada baris pertama merupakan pendeklarasian pad apin sensor pir yang terhubung ke arduino, yaitu pada pin 7. Dan pin 13 untuk led, pin yang terhubung pad aarsuino bisa kalian ubah sesuai keinginan, namun pada pendeklarasian pin pada program juga harus di ubah.


Pada baris program void setup () sensor pin dideklarasikan sebagai input karena sensor yang akan memberi nilai pada arduino dan led dideklarasikan sebagi output, karena hasil dari nilai yang telah diproses oleh arduino akan mempengaruhi led untuk hidup atau matinya.


Selanjutnya pada bari void loop () terdapat 2 program percabangan, yang pertama untuk mengecek sensor berfungsi atau tidaknya jika mendeteksi suatu gerakan pada jarak jangkaunnya, kemudia yang ke2 program percabangan untuk proses led hidup dan matinya, terdapat rumus pada percabangan ini yaitu dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Millis merupakan waktu dalam satuan milli second dan last time merupakan penghitung waktu dari led,, untuk ledOn diberikan nilai 1000 atau sekitar 1 detik, nilai lastTime didapat dari lastTime = - ledOn, maka didapatkan rumus seperti pada gambar diatas yaitu nilai millis dikurangi lastTime jika nilainya lebih kecil dari ledOn maka led akan hidup, jika tidak maka led akan mati.


Program diatas merupakan basic untuk mengakses pir sensor, untuk pengembangan selanjutnya bisa ditambahakan berbagai modul sensor lainnya, biasanya sensor pir ini digunakan pada membuka pintu otomatis, ada juga yang digunakan pada alat deteksi orang disebuah ruangan, seperti jika ada orang masuk lampu atau kipas akan hidup secara otomatis, karena sensor ini mendeteksi gerakan sebuah objek. Atau juga dapat digunakan sebagai keamanan rumah yang dihubungkan ke smartphone kita, tentunya perlu ditambahakn beberapa modul tambahan lainnya, mungkin pada artikel selanjutnya akan dibahas bagaimana cara membuat alarm rumah anti maling.


Sekin untuk  artikel kali ini semoga dapat bermanfaat bagi semua, jika masih bingung dengan program diatas atau mengalami error saat upload program bisa klaian tulis dikolom komentar atau kirimkan pesan ke alamat email yang tertera pada menu contact, selamat mencoba dan berkreativitas...

 


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments