6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

10:52 AM

 

Apakah mikrokontroler mahal? Penelitian kecil yang kami lakukan menempatkan harga rata-rata untuk mikrokontroler pada Rp 400.000, yang dianggap terlalu mahal untuk rata-rata orang, itupun harga board yang ori. Namun dalam hal fitur dan kemampuan, mikrokontroler berbeda menurut mereknya serta perusahaan di balik pengembangannya. Dan di dunia Mikrokontroler, Arduino masih menjadi raja yang tak terbantahkan karena ukuran pasarnya dan ketersediaan produknya yang luas dan banyak.

Ini tidak berarti pesaing lain yang layak tidak berarti tertinggal.  Dalam pembahasan ini akan dijelaskan sedikit tentang mikrokontroler mana yang harus Kalian pertimbangkan untuk digunakan. Oleh karena itu, posting ini akan fokus pada beberapa merek teratas yang dapat Kalian pakai saat mencari alternatif Arduino untuk proyek Kalian.

Particle Photon

6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

Kit pengembangan pertama dalam pembahasan ini adalah Photon yang dikembangkan oleh Particle. Kit ini dikembangkan dengan fitur-fitur yang diperlukan untuk membuat proyek IoT Kalian tergerak. Itu juga cukup terjangkau dan dapat dikirim ke sebagian besar negara barat. Fitur photon meliputi:

  • Mengintegrasikan chip Wi-Fi Cypress yang memberikan atribut cloud/konektivitasnya.
  • Mikrokontroler STM32 ARM Cortex M3 memberikan daya yang cukup untuk membawa perangkat Kalian.
  • Akses ke aplikasi Particle serta IDE web, IDE desktop, dan alat pengembangan lainnya.
  • Akses ke kumpulan Partikel adalah proyek dan ide yang dibagikan.

Photon dapat digunakan untuk proyek DIY Kalian di bidang-bidang seperti robotika, komputasi, perangkat yang saling berhubungan, dll. Dan fitur-fiturnya menjadikannya alternatif untuk Arduino Uno dan Yun tetapi dengan harga yang lebih terjangkau yaitu sekitar Rp300.000.

ESP8266


6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

Di sini kami memiliki alternatif lain untuk Arduino yang menjadi sangat populer di komunitas elektronik karena fungsionalitas tingkat tinggi yang disediakannya. Itu dibangun khusus untuk proyek DIY dan benar-benar berhasil melakukan pekerjaan dengan baik. Fitur dari ESP8266 meliputi:

  • Wi-Fi terintegrasi dengan protokol TCP/IP yang memberi Kalian akses ke cloud dan perangkat lain yang saling terhubung.
  • Ruang terintegrasi untuk USB yang akan dihubungkan serta untuk menyalakan dan memprogram kit.
  • Fungsi UART atau Antarmuka Serial
  • 16 pin GPIO untuk input dan output
  • Ini didukung oleh mikroprosesor RISC L 106 32-bit
  • Memori flash 1MB

Mikroprosesor adalah alternatif yang bagus untuk berbagai produk yang ditawarkan Arduino. ESP8266 dapat berfungsi sebagai pengganti Uno, Mega, dan Yun. Mikroprosesor ini dikembangkan semata-mata untuk digunakan dengan proyek listrik tetapi juga akan bekerja pada robot dan menghitung rencana DIY. Harga esp8266 yaitu kurang lebih Rp.100.000.

Pinguino 45K50


6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

45K50 yang dibuat oleh Pinguino dikembangkan untuk memberikan mikroprosesor yang kuat kepada mahasiswa dan desainer dari komunitas seni yang memiliki kapasitas untuk mewujudkan ide-ide Kalian. Ini melakukan fungsi-fungsi berikut dengan fitur-fitur ini:

  • Inti prosesor 8-bit 12 MIPS yang berjalan pada 48MHz memberi daya pada prosesor ini
  • 17 input/output digital dengan 5 input analog bersama
  • 2 keluaran PWM
  • UART untuk komunikasi serial dll.

45K50 hadir sebagai kit yang perlu Kalian rakit sebelum digunakan. Ini sebagian besar digunakan dalam proyek seni dan dapat menggantikan Arduino Uno. Dengan Rp.350.000 untuk mikroprosesor, Kalian akan mendapatkan kualitas yang persis seperti yang Kalian bayar.

STM32


6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

Kit pengembangan ini berasal dari bahan pokok STMicroelectronics dan mengemas daya dan fitur yang cukup untuk mendapatkan pekerjaan merancang robot atau proyek komputasi Kalian dengan mudah. STM32 juga cukup murah dan harus dipertimbangkan sebagai alternatif yang bagus untuk Arduino. Fitur penemuan STM32 adalah sebagai berikut:

  • 15 input/output digital dengan input analog bersama
  • UART untuk komunikasi serial dll.

STM32 cukup murah dan dibuat untuk digunakan di sektor elektronik dan teknologi. Ini berarti Kalian dapat menggunakannya dalam proyek robotika, perangkat IoT, atau tugas komputasi Kalian dan Kalian akan memiliki pengontrol yang dapat disesuaikan untuk memenuhi harapan Kalian. STM32 berharga sekitar Rp.100.000 yang membuatnya sangat terjangkau bagi pelajar dan juga penghobi yang ingin memanfaatkan kebangkitan IoT. Penting untuk dicatat bahwa ini adalah alternatif dari Arduino Uno dengan kapasitas untuk menyelesaikan pekerjaan

Teensy


6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

Teensy 2.0 dikembangkan untuk satu-satunya alasan menjadi alternatif yang bagus untuk Arduino, yang menjadikannya salah satu mikrokontroler yang harus dipertimbangkan. Alternatif ini menawarkan fitur seperti Arduino dan dapat menjalankan perangkat lunak Arduino yang pada gilirannya berarti akses ke perpustakaan Arduino yang luas. Fitur dari mikrokontroler meliputi:

  • Ini melihat 25 pin input dan output
  • Ini fitur prosesor AVR 16 MHz
  • Ini juga berfungsi dengan Mac OS X, Linux, dan Windows
  • Dilengkapi dengan ruang USB yang membantu pemrogramannya

Teensy cukup dapat menggantikan Arduino Uno dan Mega dengan sedikit atau tanpa kesulitan dan dengan harga terjangkau sekitar Rp 300.000.

Nanode


6 Alternatif Board Mikrokontroler Selain Arduino

Nanode seperti Arduino menawarkan berbagai mikrokontroler yang dapat Kalian manfaatkan saat mengembangkan proyek kelistrikan, robot, dan perangkat IoT. Itu datang sebagai kit pengembangan, yang berarti Kalian harus siap untuk melakukan beberapa perakitan dan penyolderan sebelum memulai dengan board. Fitur-fitur Nanode meliputi:

  • Mikrokontroler ATMega328P berjalan pada 16MHz
  • LED merah dan hijau untuk diagnostik program yang lebih baik
  • Konektor daya mini USB
  • Pengontrol Ethernet ENC28J60 dengan kristal 25MHz dan konektor Ethernet

Mikrokontroler Nanode dapat berfungsi sebagai alternatif dari Arduino Uno, Mega, dan Yun. Meskipun ini merupakan alternatif yang bagus dalam hal fitur dan kemampuannya, ini cukup mahal dan harganya sekitar $50 mungkin membatasi penggunaannya secara luas di kalangan pelajar dan penghobi.

Di sini kita sampai pada akhir daftar kami dari 6 kit mikrokontroler teratas yang dapat digunakan siapa pun jika untuk alternatif board mikrokontroler  pengganti Arduino. Di sini, kami telah menyentuh opsi yang murah, terjangkau, dan cukup mahal di pasar saat ini. pilihan board sesuai kebutuhan sepenuhnya di tangan Kalian.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments