Lengkap Berbagai Jenis Modul Board Mikrokontroller Untuk Project IoT

11:17 AM

Arduino UNO WIFI

Lengkap Berbagai Jenis Modul Board Mikrokontroller Untuk Project IoT

Arduino UNO WiFi sama dengan Arduino UNO Rev3 tetapi dengan tambahan modul wifi pada boarnya. Board arduino uno wifi ini menggunakan  ATmega328P dengan Modul Wi-Fi ESP8266. Board arduino wifi memiliki 14 pin input/output digital (6 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, colokan listrik, header ICSP, dan tombol reset.

Modul Wi-Fi ESP8266 adalah SoC mandiri dengan menggunakan protokol TCP/IP yang dapat memberikan akses ke jaringan Wi-Fi. Salah satu fitur UNO WiFi yang berguna adalah dukungan untuk pemrograman OTA (over-the-air), baik untuk transfer sketsa Arduino atau firmware Wi-Fi.

Arduino UNO WiFi dapat aktif dengan menggunakan catu daya dari USB yang terhubung ke komputer ataupun menggunakan adaptor. Sumber daya dipilih secara otomatis. Sumber daya untuk menghidupkan arduino ini bisa menggunakan usb ke adapator atau menggunakan baterai. Adaptor dapat dihubungkan dengan mencolokkan steker positif tengah 2,1 mm ke colokan listrik board. Kabel dari baterai dapat dimasukkan ke dalam header pin Gnd dan Vin dari konektor POWER.

Papan dapat beroperasi pada catu daya eksternal 6V hingga 20V. Namun, jika disuplai dengan kurang dari 7V, pin 5V mungkin memasok kurang dari lima volt dan board mungkin tidak stabil. Namun jika tegangan memakai lebih dari 12V board akan cepat panas dan takan cepat rusak. Tegangan input yang disarankan yaitu sekitar 7V sampai 12V

Wemos D1

Lengkap Berbagai Jenis Modul Board Mikrokontroller Untuk Project IoT

Munculnya Wemos D1 sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Pengamatan Embeddednesia, pengembangan dewan ini sudah ada selama setahun, dan sekarang memiliki beberapa varian produk WEOS dari papan ESP8266. Sekarang ada juga versi kecil dari varian yang disebut Wamos D1 Mini,

Meskipun bentuk pertemuan ini dirancang agar terlihat seperti Arduino One, tetapi dalam hal spesifikasi, sebenarnya jauh lebih tinggi dari yang kita d1, salah satunya adalah karena inti WEMOS D1 adalah ESP8266EX yang memiliki 32-bit prosesor. (Bandingkan dengan Arduino One, gua mana 8 bit AVR). Karena didasarkan pada papan ESP8266, WEAS D1 memiliki spesifikasi yang sama

Untuk menggunakan board ini, pada prinsipnya sama seperti menggunakan board lain yang terdapat ESP8266nya. Untuk upload program ke board wemos dapat menggunakan firmware Nodemcu, dan memprogram dengan LUA. Atau Anda juga dapat membuat firmware Anda sendiri menggunakan Arduino ide. pastikan anda sudah menginstal ESP8266 sebelum menggunakan wemos ini. Wemos D1 dilengkapi dengan USB IC ke Serial CHG340 (jangan lupa untuk menginstal driver sehingga IC ini dapat dibaca di komputer Anda), jadi anda tidak perlu membeli modul serial USB secara terpisahkarena dapat menggunakan kabel data USB yang biasanya anda gunakan untuk mentransfer data / mencharger smartphone Android Anda.

Terdapat beberapa jenis wemos seperti :

  • Wemos d1 mini
  • Wemos d1 versi UNO

Perbedaan dari kedua board tersebut yaitu dari segi ukuran dan jumlah pin out saja.

NodeMCU ESP8266

NodeMCU adalah firmware berbasis LUA open-source yang dikembangkan untuk chip wifi ESP8266. Dengan fitur fungsionalitas menggunakan chip ESP8266, firmware NodeMCU hadir dengan papan/kit Pengembangan ESP8266 yaitu papan Pengembangan NodeMCU.

Karena NodeMCU adalah platform sumber terbuka, desain perangkat kerasnya terbuka untuk diedit/dimodifikasi/dibangun.

NodeMCU Dev Kit/board terdiri dari chip berkemampuan wifi ESP8266. ESP8266 adalah chip Wi-Fi murah yang dikembangkan oleh Espressif Systems dengan protokol TCP/IP. Untuk informasi lebih lanjut tentang ESP8266, Anda dapat merujuk ke Modul WiFi ESP8266.

NodeMCU telah berkembang menjadi beberapa versi yaitu V1 V2 V3. Untuk V1 dan V2 biasanya dikenal dengan sebutan “AMICA” dan untuk V3 biasanya disebut dengan “LOLIN”. Meskipun LOLIN versi terbaru tetapi belum tentu juga lebih baik dibandingkan AMICA.

Lengkap Berbagai Jenis Modul Board Mikrokontroller Untuk Project IoT

Perbedaan dari AMICA dan LOLIN ini dapat dibedakan dengan jelas yaitu dari ukuran sudah terlihat berbeda karena yang V1/V2 ukurannya lebih kecil dan dibelakang board terdapat tulisan AMICA dan untuk board V3 ukuran lebih besar dan be;akang board terdapat tulisan LOLIN.

Versi AMICA dan LOLIN terdapat juga berbedaan pada IC yang digunakan yaitu AMICA menggunakan IC serial CP2012 dengan baud rates 300 bps – 2 Mbps dan speed R/W 12Mbps sedangkan pada LOLIN menggunakan IC serial CH340  dengan baud rates 50 bps – 2 Mbps dan speed R/W 2 Mbps dengan perbedaan spesifikasi tersebut versi AMICA memiliki spesifikasi lebih besar dibandingkan CH340 tetapi kecepatan pada versi AMICA ini akan berguna ketika membuat project menggunakan ESP32 cam, namun untuk project biasa kecepatan akan sama dengan IC CH340. Perbedaan juga terdapat pada chip yang digunakan yaitu pada V1 menggunakan chip ESP12 dan komunikasi serial CHG240 dan pada V2 ditingkatkan lagi menjadi ESP12E menggunakan serial CP2102.

NodeMCU ESP32

Sebenarnya boardnya sama dengan NodeMCU ESP8266 tetapi yang membedakan yaitu pada prosesornya yakni menggunakan ESP32 yang mana ESP32 memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan memiliki fitur bluetooth yang tidak dimiliki oleh Esp8266

Lengkap Berbagai Jenis Modul Board Mikrokontroller Untuk Project IoT

Sekian dari pembahasan kaliini semoga bermanfaat sampai jumpa pada artikel selanjutnya, terimakasih....


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments