Jenis Rasberry Pi Yang Sering Digunakan Pada Pembuatan Project

12:17 PM

Rasberry Pi 3

Raspberry Pi 3 dilengkapi dengan prosesor Quad-core 64-bit Broadcom BCM2837 ARM Cortex-A53 SoC yang berjalan pada 1,2 GHz, membuatnya sekitar 50% lebih kuat daripada Pi 2. Yang berarti Raspberry Pi 3 baru dapat digunakan untuk aplikasi kantor dan penjelajahan web.

Inovasi hebat pada versi ketiga ini tidak diragukan lagi adalah penambahan chip WiFi dan Bluetooth Low Energy. Ini tidak hanya menghemat ruang (Anda tidak perlu lagi menghubungkan WiFi dan dongle Bluetooth), tetapi juga membebaskan lebih banyak port USB untuk menghubungkan perangkat lain.

Dengan menambahkan dua fitur ini, Raspberry Pi telah memperjelas bahwa versi baru ini ditujukan untuk Internet of Things (IoT) dan otomatisasi rumah. Raspberry Pi 3 juga kompatibel dengan Windows 10 IoT Core, sistem operasi yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan aplikasi yang ditujukan untuk otomatisasi rumah, robotika, dan objek yang terhubung.

Papan Raspberry Pi 3 berukuran sama dengan Raspberry Pi 2 dan memiliki konektor dan konfigurasi komponen yang hampir sama. “Yang berubah hanyalah posisi LED, yang telah dipindahkan ke sisi lain kartu SD untuk memberi ruang bagi antena WiFi. Semua konektor berada di tempat yang sama dan memiliki fungsi yang sama.” Jadi, Anda juga dapat menggunakan aksesori Pi 2 dan B+ dengan RasPi 3.

Rasberry Pi 3 Model B

Rasberry Pi 3 model B

Rasberru Pi 3 Model B dirilis pada Februari 2016 dengan prosesor 1,2 GHz 64-bit quad core ARM Cortex-A53, Wi-Fi 802.11n terpasang, Bluetooth dan kemampuan boot USB. Ini kuat komputer papan tunggal berukuran kartu kredit dapat digunakan untuk banyak aplikasi dan menggantikan Raspberry Pi Model B+ dan Raspberry Pi 2 Model asli B. Sambil mempertahankan format papan populer Model Raspberry Pi 3 B memberi Anda prosesor yang lebih kuat, 10x lebih cepat dari generasi pertama Raspberry Pi. Selain itu, ia menambahkan konektivitas LAN & Bluetooth nirkabel menjadikannya solusi ideal untuk desain terhubung yang kuat.

Rasberry Pi 3 Model B+

Rasberry Pi 3 model B+

Raspberry Pi adalah komputer berukuran kartu kredit. Raspberry Pi 3 Model B+ adalah versi yang ditingkatkan dari Raspberry Pi 3 Model B. Ini didasarkan pada sistem-on-chip (SoC) BCM2837B0, yang mencakup prosesor ARMv8 64bit quad-core 1,4 GHz dan GPU VideoCore IV yang kuat . Raspberry Pi dapat menjalankan berbagai distribusi ARM GNU/Linux, termasuk Snappy Ubuntu Core, Raspbian, Fedora, dan Arch Linux, serta Microsoft Windows 10 IoT Core.

Raspberry Pi 3 Model B+ memiliki banyak peningkatan kinerja dibandingkan Model B termasuk kecepatan clock CPU yang lebih cepat (1,4 GHz vs 1,2 GHz), peningkatan throughput Ethernet, dan WiFi dual-band. Ini juga mendukung Power over Ethernet dengan Power over Ethernet HAT (tidak termasuk). Majalah MagPi memiliki posting blog dengan tolok ukur kinerja yang membandingkan berbagai model Raspberry Pi.

LAN nirkabel dual-band dilengkapi dengan sertifikasi kepatuhan modular, memungkinkan board dirancang menjadi produk akhir dengan pengujian kepatuhan LAN nirkabel yang berkurang secara signifikan, meningkatkan biaya dan waktu ke pasar.

Rasberry Pi 4

Rasberry Pi 4

Raspberry Pi 4 Ini memiliki total 40 pin dari mana 28 adalah pin GPIO dan sisanya adalah pin daya. Pin GPIO tidak hanya melakukan fungsi I/O sederhana. Mereka dapat memberikan komunikasi UART, SPI, dan I2C. Semua sistem komunikasi modern telah dimiliki oleh Rasberry Pi 4 ini, yaitu memiliki WiFi internal dan Bluetooth untuk komunikasi data nirkabel. Hal ini dapat digunakan dengan internal di mana saja tanpa gangguan apapun. Pi dapat dipindahkan dengan mudah dalam jaringan yang sama karena dukungan WiFi yang cepat. Perangkat ini juga memiliki dukungan LAN jika WiFi tidak tersedia dan jaringan mengikuti metode komunikasi kabel untuk berkomunikasi.Rasberry Pi 4 Model B

dirilis pada Juni 2019 dengan prosesor ARM Cortex-A72 quad core 1,5 GHz 64-bit, Wi-Fi 802.11ac on-board, Bluetooth 5, Ethernet gigabit penuh (throughput tidak terbatas), dua port USB 2.0, dua Port USB 3.0, 1–8 GB RAM, dan dukungan dua monitor melalui sepasang port micro HDMI (HDMI Tipe D) hingga resolusi 4K. Versi dengan RAM 1 GB telah ditinggalkan dan harga versi 2 GB telah diturunkan. Versi 8 GB memiliki papan sirkuit yang direvisi. Pi 4 juga ditenagai melalui port USB-C, memungkinkan daya tambahan diberikan ke periferal hilir, saat digunakan dengan PSU yang sesuai. Tetapi Pi hanya dapat dioperasikan dengan tegangan 5 volt dan bukan 9 atau 12 volt seperti komputer mini lain di kelas ini. Papan Raspberry Pi 4 awal memiliki cacat desain di mana kabel USB bertanda elektronik pihak ketiga, seperti yang digunakan pada Apple MacBook, salah mengidentifikasinya dan menolak memberikan daya.Perangkat Keras Tom menguji 14 kabel berbeda dan menemukan bahwa 11 di antaranya menghidupkan dan memberi daya pada Pi tanpa masalah.Cacat desain diperbaiki dalam revisi 1.2 papan, dirilis pada akhir 2019.Pada pertengahan 2021, model Pi 4 B muncul dengan Broadcom BCM2711C0 yang ditingkatkan. Pabrikan sekarang menggunakan chip ini untuk Pi 4 B dan Pi 400. Namun, frekuensi tack dari Pi 4 B tidak ditingkatkan di pabrik.

Raspberry Pi Zero

Rasberry Pi Zero

Raspberry Pi Zero adalah komputer yang sangat murah dan sangat kecil. Ini telah diilustrasikan dengan sempurna oleh gambar yang dirilis secara resmi yang diterbitkan di atas, yang menunjukkan perangkat tersebut berada di samping uang kertas US$5.

Harga rasberry pi Zero hanya $5, di Inggris, harganya hanya £4, Rasberry Pi Zero lebih kecil dari kartu kredit, dan tebalnya hanya 5mm. Beratnya juga hanya 9 gram.

Hanya karena Raspberry Pi Zero menyerupai papan sirkuit kecil, jadi dibandingkan dengan PC desktop, laptop, atau bahkan smartphone yang berspesifikasi standart, Faktanya, Zero berjalan pada CPU Broadcom BCM2835 single-core yang sama persis dengan Raspberry Pi pertama. Namun, chip tersebut telah di-clock lebih tinggi hingga 1GHz, jadi sebenarnya 40 persen lebih cepat dari aslinya.

Ketika Anda memperhitungkan 512MB RAM yang dimiliki Zero, ternyata sekitar tiga kali lebih cepat daripada Raspberry Pi asli secara keseluruhan.

Tentu saja, Raspberry Pi Zero tidak sesuai dengan tingkat kinerja Raspberry Pi 2 dengan CPU quad-core dan RAM 1GB. Tapi kemudian, Raspberry Pi 2 harganya sekitar tujuh kali lipat harganya dari Rasberry Pi Zero

Rasberry Pi Pico

Rasberry Pi Pico

Raspberry Pi Pico adalah perubahan dari Pi sebelumnya, karena ini bukan komputer Linux, tetapi papan mikrokontroler seperti Arduino. Nilai jual terbesar dari Raspberry Pi Pico adalah harganya, $4 dan chip RP2040 yang menyediakan daya yang cukup untuk proyek yang disematkan dan memungkinkan pengguna dari segala usia atau kemampuan untuk belajar pengkodean dan elektronik. Jika Anda memiliki komputer Windows, Apple, Linux atau bahkan Raspberry Pi yang berbeda, maka Anda sudah siap menggunakan Raspberry Pi Pico di proyek Anda berikutnya.

Satu-satunya kelemahan dari Raspberry Pi Pico adalah tidak adanya konektivitas nirkabel. RP2040 adalah mikrokontroler pertama dalam rentang Pi dan ini membawa serta cara kerja baru. Pico bukanlah komputer, melainkan kita perlu menulis kode dalam aplikasi eksternal di komputer lain dan "mem-flash" kode tersebut ke mikrokontroler melalui USB. Dalam tutorial kami tentang cara memulai dengan Raspberry Pi Pico, kami menjelaskan cara menghubungkan PC ke Pico dan menggunakannya untuk mengunggah kode MicroPython.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments