ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

1:04 PM

 

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

Pada artikel ini, kita akan membandingkan beberapa board ESP32. Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda memilih board ESP32 terbaik untuk kebutuhan project Anda.

ESP32 merupakan pengembangan dari ESP8266. ESP32 dimuat dengan banyak fitur baru jika dibandingkan dengan pendahulunya. Ini menggabungkan kemampuan nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth dan dual-core.

Anda dapat menemukan ESP32 sebagai chip mandiri atau sebagai board berfitur lengkap. Ada banyak board ESP32 yang tersedia. Dalam ulasan ini, kita akan melihat yang paling populer.

Fitur dan spesifikasi dari ESP32 yaitu:

  • Konektivitas WiFi: kecepatan 150.0 Mbps dan HT40
  • Bluetooth: BLE (Bluetooth Hemat Energi) dan Bluetooth Klasik
  • Prosesor: Mikroprosesor Tensilica Xtensa Dual-Core 32-bit LX6, berjalan pada 160 atau 240 MHz
  • ROM: 448 KB
  • SRAM: 520 KB
  • Daya Rendah: memastikan bahwa Anda masih dapat menggunakan konversi ADC, misalnya, selama tidur nyenyak.
  • Masukan/Keluaran Periferal:
  • antarmuka periferal dengan DMA yang mencakup sentuhan kapasitif
  • ADC (Konverter Analog-ke-Digital)
  • DAC (Konverter Digital-ke-Analog)
  • I²C (Sirkuit Terintegrasi)
  • UART (Penerima/Pemancar Asinkron Universal)
  • SPI (Antarmuka Periferal Serial)
  • I²S (Suara Interchip Terintegrasi)
  • RMII (Antarmuka Media-Independen Berkurang)
  • PWM (Pulse-Width Modulation).
  • Keamanan: akselerator perangkat keras untuk AES dan SSL/TLS
  • Kompatibel dengan Arduino IDE: Anda dapat memprogram ESP32 dengan Arduino IDE menggunakan inti Arduino. (Petunjuk instalasi Windows, Mac OS X, dan Linux). Anda juga dapat menggunakan IDE lain untuk memprogram ESP32 dengan inti Arduino (seperti VS Code dengan ekstensi PlatformIO, misalnya).
  • Kompatibel dengan MicroPython: Anda dapat memprogram ESP32 dengan firmware MicroPython (Memulai MicroPython di ESP32)

Saat mencari board ESP32, ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Konfigurasi pin dan jumlah pin. Untuk menggunakan ESP32 dengan benar dalam proyek Anda, Anda harus memiliki akses ke pinout papan (seperti peta yang menunjukkan pin mana yang sesuai dengan GPIO dan fitur-fiturnya). Jadi, pastikan Anda memiliki akses ke pinout dari papan yang Anda dapatkan. Jika tidak, Anda mungkin salah menggunakan ESP32. Kami merekomendasikan untuk melihat Panduan Referensi GPIO ESP32 kami yang menunjukkan cara menggunakan GPIO ESP32 dengan benar.
  • Antarmuka USB-ke-UART dan rangkaian pengatur tegangan. Sebagian besar board berfitur lengkap memiliki dua fitur ini. Ini penting untuk dengan mudah menghubungkan ESP32 ke komputer Anda untuk mengunggah kode dan menerapkan daya.
  • Tombol BOOT dan RESET untuk menempatkan papan dalam mode berkedip atau mengatur ulang (restart) papan.
  • Konektor baterai. Jika Anda ingin memberi daya pada ESP32 menggunakan baterai, ada board yang dilengkapi dengan konektor untuk baterai LiPo—ini bisa lebih praktis. Anda juga dapat memberi daya pada ESP32 "biasa" dengan baterai melalui pin daya.
  • Fitur tambahan. Ada board ESP32 dengan fitur tambahan seperti layar OLED, modul LoRa, modul SIM800 (untuk GSM dan GPRS), dudukan baterai, atau kamera.

Devkit Doit ESP32

esp32 Dekit Doit

Ini adalah papan ESP32 DEVKIT DOIT (ini adalah board ESP32 favorit kami). Terdapat versi pada board ini yaitu 30 dan 36 GPIO. Keduanya bekerja dengan cara yang serupa. Saya lebih suka versi dengan 30 GPIO karena dilengkapi dengan dua pin GND (namun, sulit untuk menemukan versi dengan 30 GPIO yang tersedia online). Selain itu, meskipun model lain dilengkapi dengan lebih banyak GPIO, yang tambahan tidak disarankan untuk digunakan (mereka terhubung ke memori flash terintegrasi ESP32).

Pin diberi label di bagian atas papan, sehingga mudah untuk mengidentifikasi pin untuk menghubungkan periferal (ada model lain dengan label di sisi lain, sehingga lebih sulit untuk mengidentifikasi GPIO). Muncul dengan tombol RESET (EN) dan BOOT onboard. Muncul dengan antarmuka USB-ke-UART untuk memprogramnya dengan mudah menggunakan Arduino IDE atau lingkungan pengembangan lainnya dan dilengkapi dengan rangkaian pengatur tegangan. Papan dapat diberi daya menggunakan konektor micro-USB atau pin VIN atau 3.3V, dan tidak dilengkapi dengan konektor baterai.

Board ESP32 Adafruit Feather

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

Ini adalah papan berbasis ESP32 dari Adafruit. Seperti yang sebelumnya, ia hadir dengan antarmuka USB-ke-UART dan rangkaian pengatur tegangan. Pin diberi label di bagian atas dan bawah papan. Tambahan yang bagus untuk papan ini adalah konektor baterai Lipoly. Ini sangat cocok untuk proyek bertenaga baterai portabel.

Ketika Anda mendapatkan sesuatu dari Adafruit, Anda tahu itu selalu berkualitas tinggi. Jadi, jika Anda bersedia mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk produk berkualitas tinggi, ini adalah pilihan yang sempurna. Selain itu, Adafruit memiliki banyak dokumentasi tentang papannya, yang bagus untuk memulai dengan cepat.

ESP32 Sparkfun Thing

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

ESP32 Thing adalah papan berbasis ESP32 dari Sparkfun. Muncul dengan semua fungsi untuk dengan mudah berkomunikasi dan memprogram ESP32 dengan komputer Anda. Selain itu board ini telah dilengkapi konektor baterai LiPo dan charger baterai LiPo . Ini berarti baterai isi ulang dapat dengan mudah diisi dengan mencolokkan 5V ke papan melalui konektor USB. Sparkfun juga memiliki banyak dokumentasi bagus tentang papan ini

Wemos ESP32 Dengan Socket Baterai

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

board ESP32 ini dilengkapi dengan dudukan baterai di bagian belakang untuk memberikan daya melalui baterai 18650. Papan ini juga mencakup sistem pengisian baterai 18650 dan dua LED untuk menunjukkan status baterai. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda menginginkan sesuatu yang ringkas berjalan dengan baterai. Selain itu, papan ini dapat mengisi daya dan bekerja secara bersamaan.

Wemos ESP32 Dengan OLED

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

Papan ESP32 ini mirip dengan yang sebelumnya, tetapi sebagai pengganti dudukan baterai, ia hadir dengan layar OLED SSD1306 0,96”. Ini sempurna untuk menambahkan antarmuka ke proyek Anda tanpa mengkhawatirkan sirkuitnya. Namun, board ini hadir dengan lebih sedikit GPIO yang tersedia untuk menghubungkan periferal. Jadi, sebelum mendapatkan papan ini, periksa pinoutnya untuk melihat apakah ia dapat menghubungkan periferal yang Anda butuhkan untuk proyek Anda.

ESP32 LoRa

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

papan ESP32 ini dilengkapi dengan chip SX1278, yang merupakan chip transceiver LoRa. LoRa adalah teknologi komunikasi data nirkabel yang memungkinkan komunikasi jarak jauh dari sejumlah kecil data sambil meminimalkan konsumsi daya. Muncul dengan layar OLED, yang berguna untuk menampilkan pesan LoRa. Jika Anda berniat untuk melakukan proyek dengan LoRa menggunakan ESP32, ini bisa menjadi pilihan yang bagus karena sudah dilengkapi dengan chip transceiver LoRa. Kami juga merekomendasikan papan LoRa ini.

ESP32 Cam

ESP32 Perbandingan dan Review Berbagai Macam Board ESP32

ESP32-CAM adalah modul kamera berukuran kecil dengan konsumsi daya rendah berdasarkan ESP32. Muncul dengan kamera OV2640 dan menyediakan slot kartu TF onboard. ESP32-CAM dapat digunakan secara luas dalam aplikasi IoT cerdas seperti pemantauan video nirkabel, pengunggahan gambar WiFi, identifikasi QR, dan sebagainya.

Banyak board ESP32 lainnya memiliki fitur berbeda yang mungkin lebih berguna daripada ESP32 biasa, tergantung pada kebutuhan proyek Anda.


sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, sampai bertemu pada artikel selanjutnya..


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments