[LENGKAP] Jenis – Jenis Kamera Pada ESP32 (Best ESP32 Cam)

2:05 PM
[LENGKAP] Jenis – Jenis Kamera Pada ESP32  (Best ESP32 Cam)

Board ESP32 dengan kamera menjadi sangat populer di kalangan pencinta ESP32. Ada beberapa model dengan fitur berbeda seperti dukungan kartu microSD, mikrofon, layar, dan banyak lagi dengan harga yang sangat wajar. Board ini memungkinkan kalian membuat proyek dengan gambar, streaming video, pengenalan dan deteksi wajah, dan aplikasi AI lainnya. Apakah kalian tahu apa papan kamera ESP32 terbaik untuk proyek kalian?

Dalam artikel ini kami akan membahas perbandingan beberapa jenis board ESP32 dengan kamera, sehingga lebih mudah untuk memilih board yang tepat untuk kebutuhan proyek kalian.

Semua kamera ESP32 memiliki kamera OV2640 dan biasanya dilengkapi dengan kabel fleksibel kecil. Ada probe kamera yang dijual terpisah dengan kabel fleksibel yang lebih panjang dan dengan lensa mata ikan. Lensa mata ikan menangkap area yang lebih luas, yang sangat berguna untuk proyek pengawasan.

ESP32 Cam AI Thinker


ESP32 Cam AI Thinker

ESP32-CAM AI-Thinker adalah salah satu board ESP32 paling populer dengan kamera – ia hadir dengan banyak fitur berguna dan harganya sekitar Rp.200.000 atau kurang

Pada board ini fitur chip ESP32-S dan dilengkapi dengan kamera 2MP OV2640 "biasa". board ini memiliki 4MB PSRAM, yang digunakan untuk buffering gambar dari kamera ke video streaming atau tugas lain dan memungkinkan Anda untuk menggunakan kualitas yang lebih tinggi dalam gambar Anda tanpa crash ESP32.

ESP32 Cam AI Thinker mendukung kartu microSD dan memiliki 10 GPIO dan pin daya yang dapat diakses. Namun, tidak semua GPIO dapat digunakan karena beberapa digunakan oleh kamera atau kartu microSD. Jadi, Anda harus berhati-hati dengan GPIO mana yang akan kalian gunakan.

Board ESP32-CAM dilengkapi dengan antena terpasang, tetapi juga dengan konektor IPEX yang memungkinkan kalian untuk menggunakan antena eksternal sebagai alternatif untuk meningkatkan jangkauan komunikasi Wi-Fi. dilengkapi dengan tombol reset on-board untuk me-restart dan LED built-in yang berfungsi sebagai lampu flash. Lampu flash dapat berguna untuk menerangi area sebelum streaming video atau pengambilan gambar. Namun, lampu flash berbagi GPIO dengan salah satu GPIO kartu microSD. Artinya, saat menggunakan fungsi yang berhubungan dengan kartu microSD, LED akan menyala sesekali, bahkan saat kalian tidak menginginkannya.

ESP32 EYE


ESP32 EYE

ESP-EYE adalah board berbasis ESP32 yang digunakan untuk kecerdasan buatan (AI) dengan bangun suara dan pengenalan wajah.

Hanya dengan 21mm kali 41mm, ia dilengkapi dengan kamera 2 MP OV2640, mikrofon terpasang, tombol reset, boot, dan fungsi, serta dua LED. Dilengkapi 4MB Flash, 8MB PSRAM, dan konektor Micro USB type-C (kode yang mudah diunggah). Muncul dengan antena on-board dan konektor IPEX jika kalian ingin menambahkan antena eksternal.

Salah satu keuntungan dari board ini adalah konektor USB tipe-C – cepat dan mudah untuk mengupload kode program ke board; mikrofon memungkinkan kalian untuk menambahkan fitur suara ke proyek dan 8MB PSRAM memastikan bahwa boar tidak patah patah saat menggunakan pengaturan kualitas gambar yang lebih tinggi. Kelemahan utama dari board ini adalah harga.

Salah satu kelemahan utama ESP32-CAM adalah tidak memiliki antarmuka USB-ke-UART. Ini berarti kalian tidak dapat menghubungkan ESP32-CAM langsung ke komputer menggunakan kabel USB. diperlukan programmer FTDI untuk menghubungkan. Meskipun demikian, ini adalah salah satu board ESP32 paling serbaguna dan termurah dengan kamera.

TTGO T Camera Plus


TTGO T Camera Plus

TTGO T-Camera Plus hadir dengan semua fungsi yang diinginkan pada board tersebut dan dengan harga yang sangat wajar. Dilengkapi dengan dukungan kartu microSD, mikrofon, dukungan untuk baterai lithium 3.7V serta sirkuit manajemen baterai, layar 1.3 TFT (layar warna), antarmuka microUSB dan tombol reset on-board.

Muncul dengan beberapa eksposur GPIO yang digunakan untuk menghubungkan sensor BME280 on-board. Namun, sensor akan menjadi sangat panas, jadi pabrikan memutuskan untuk melepas sensor tetapi kalian masih mendapatkan akses ke GPIO, sehingga masih dapat menghubungkan periferal I2C lainnya. GPIO ini juga dapat diakses melalui konektor grove. Board ini memiliki antena terpasang, tetapi juga konektor IPEX jika kalian ingin menambahkan antena eksternal.

M5 Stack Cam PSRAM


M5 Stack Cam PSRAM

M5 Stack Cam PSRAM adalah ESP32 lain dengan kamera dari M5-Stack. Kamera ESP32 ini tidak memiliki PSRAM. Secara praktis ini berarti kamera tidak dapat melakukan pengenalan dan deteksi wajah dan tidak mendukung resolusi gambar yang lebih tinggi dari SVGA (800×600). kalian mungkin juga mengalami kesulitan dengan streaming video. Beberapa orang berpendapat bahwa kameranya memanas sangat cepat ketika streaming video. Biasanya, ketika mendapatkan salah satu board ini, kalian juga mendapatkan heat-sink.

Seperti board M5-Stack lainnya, papan ini memiliki konektor grove, sehingga mudah untuk menambahkan ekspansi M5-Stack seperti sensor mikrofon, akselerometer, atau BME280. Selain itu, ia memiliki konektor USB-C yang dapat digunakan untuk mengunggah kode program atau menjadikan catu daya.

M5 Cam Model A/B


M5 Cam Model A/B

Ada beberapa versi berbeda dari papan M5-Stack ESP32 dengan kamera. M5-Camera A atau M5-Camera B seperti semua board lain yang ditampilkan di sini, hadir dengan kamera OV2640. memiliki 4MB PSRAM – jadi kalian tidak akan kesulitan mengambil gambar dan streaming dengan kualitas lebih tinggi.

Muncul di dengan gaya LEGO dan dilengkapi konektor grove yang ideal untuk menghubungkan ekspansi M5-Stack lainnya seperti: mikrofon, giroskop/akselerometer MPU6050 atau sensor suhu, kelembaban dan tekanan BME280.

Konektor USB tipe-C memudahkan dan mempercepat pengunggahan kode program baru ke board. Muncul dengan tombol RST eksternal untuk me-restart papan dan tidak memiliki GPIO terbuka.

Keuntungan terbesar dari booard ini adalah memiliki tampilan perangkat yang lebih enak dipandang jika dibandingkan dengan papan lainnya. Itu tidak memiliki komponen atau kabel elektronik yang terlihat dan jika ingin menambahkan sensor BME280, giroskop, atau mikrofon, kalian tidak akan memiliki kabel, kalian hanya perlu menggunakan konektor grove.

TTGO T Cam dengan PIR Sensor


TTGO T Cam dengan PIR Sensor

Board ini dilengkapi kamera OV2640, layar OLED SSD1306 0,96 inci, konektor grove (ideal untuk menghubungkan perangkat I2C), konektor baterai, sensor gerak PIR, tombol RESET on-board, dan tombol fungsi yang terhubung ke GPIO 34. Seperti papan sebelumnya , ia juga memiliki fitur 8MB PSRAM, tetapi tidak mendukung kartu microSD.

Seperti semua kamera lainnya, kamera ini dapat diprogram menggunakan Arduino IDE. Pastikan kalian memiliki pinout yang tepat untuk board kamera kalian.

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan sampai berjumpa pada artikel selanjutnya

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments