Arduino Uno Ultrasonic Sensor Project

1:21 PM

 

Radar

Apakah kalian tahu? Radar pertama kali dikembangkan sebagai metode untuk mendeteksi pesawat musuh pada Perang Dunia 2. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini digunakan di berbagai sektor. Sejak beberapa tahun terakhir, telah terjadi kemajuan yang signifikan dalam penggunaan teknologi radar.

Contoh pengunaan sensor ultrasonik yaitu seperti proyek radar Arduino menggunakan Sensor Ultrasonik untuk pendeteksiannya.

Proyek radar Arduino ini biasanya bertujuan untuk mencapai prototipe sistem radar berbasis papan Arduino yang mendeteksi benda diam dan bergerak.

Kata RADAR berarti Radio Deteksi Dan Jangkauan. Radar adalah sistem deteksi objek yang menggunakan gelombang mikro untuk menentukan jangkauan, ketinggian, arah, dan kecepatan objek dalam radius sekitar 100 mil dari lokasinya.

Antena radar mentransmisikan gelombang radio atau gelombang mikro yang memantul dari objek apa pun di jalurnya. Karena itu, kita dapat dengan mudah menentukan objek dalam jangkauan radar.

Gambar di bawah ini menunjukkan proyek radar Arduino.


Arduino Uno Ultrasonic Sensor Project


Water Leavel

Indikator ketinggian air ultrasonik terutama terdiri dari modul ultrasonik HC-SR04, yang digunakan untuk pembacaan jarak non-kontak. Untuk mengukur ketinggian air, letakkan modul ultrasonik di atas tangki secara vertikal ke bawah, sehingga transduser menghadap ke air.


Arduino Uno Ultrasonic Sensor Project

Ketika gelombang merambat dari media udara ke air, sebagian besar gelombang ultrasonik yang ditransmisikan dipantulkan kembali ke modul. Dengan menghitung waktu tempuh gelombang ke permukaan air, Arduino mengubah output modul menjadi satuan panjang yang sesuai dalam centimeter.

Pengukur Tinggi Badan

Kalian semua pernah melihat mesin pengukur tinggi badan di pusat perbelanjaan. Sayangnya, mereka jarang digunakan karena Anda harus membayar untuk menggunakannya. Tapi jangan khawatir, dengan sedikit kesabaran kita bisa membuat mesin pengukur tinggi badan kita sendiri, mempelajari ilmu di baliknya dan mendapatkan beberapa pengalaman DIY.


Arduino Uno Ultrasonic Sensor Project


Disini menggunakan Sensor Ultrasonik untuk mengukur ketinggian. Ultrasonic berisi dua komponen yang tampak bulat yang merupakan speaker ultrasonik. Salah satu mentransmisikan gelombang suara 40khz yang akan memantul (bergema) kembali saat mengenai permukaan padat. Yang lain mendeteksi gema. Dengan mengukur total waktu yang dibutuhkan untuk proses ini, kita dapat mengukur jarak antara sensor dan objek.

Untuk membuat alat pengukur ketinggian, sensor ultrasonik harus ditempatkan di tempat yang tinggi dengan sensor menghadap ke bawah. pastikan tidak ada yang menghalangi sensor dari lantai, dan mengkalibrasi sensor dengan menekan sebuah tombol.

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments