Penjelasan Lengkap Pinout Pada Arduino Uno

9:41 AM

 

Board Arduino diprogram menggunakan bahasa yang berasal dari C dan C++. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat pada perangkat keras Arduino, dan lebih khusus lagi yaitu mengenai pinout Arduino Uno. Arduino Uno menggunakan mikrokontroler ATmega328 oleh Atmel. Pinout Arduino Uno terdiri dari 14 pin digital, 6 input analog, jack adaptor, koneksi USB dan header ICSP. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pinout yang ada pada Arduino Uno.

Penjelasan Lengkap Pinout Pada Arduino Uno

Catu daya pada arduino uno

Ada 3 cara untuk menyalakan Arduino Uno:

Barrel Jack : Barrel jack atau DC Power Jack dapat digunakan untuk memberi daya pada board Arduino. Jack barel biasanya terhubung ke adaptor. board dapat disuplay dengan power 5-20 volt tetapi pabrikan merekomendasikan untuk menggunakan power antara 7-12 volt. Di atas 12 volt, regulator akan menjadi cepat  panas.

Pin VIN : Pin ini digunakan untuk memberi daya pada board Arduino Uno menggunakan sumber daya eksternal. Tegangan harus berada dalam kisaran yang disebutkan di atas.

Kabel USB : saat terhubung ke komputer, memberikan 5 volt pada 500mA.

Ada dioda pelindung polaritas yang menghubungkan antara kutub positif dari jack barel ke pin VIN, dengan nilai 1 Ampere.

pada arduino catu daya yang digunakan menentukan daya yang tersedia untuk sirkuit kalian. Misalnya, memberi daya pada sirkuit menggunakan USB membatasi kalian hingga 500mA. Pertimbangkan bahwa ini juga digunakan untuk memberi daya pada MCU, periferalnya, regulator terpasang, dan komponen yang terhubung dengannya. Saat menyalakan sirkuit melalui jack barel atau VIN, kapasitas maksimum yang tersedia ditentukan oleh regulator 5 dan 3,3 volt di papan Arduino.

5v dan 3v3 : Tersedia tegangan 5 dan 3.3v yang diatur untuk memberi daya pada komponen eksternal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

GND : Di pinout Arduino Uno, kalian dapat menemukan 5 pin GND, yang semuanya saling berhubungan.

RESET : mengatur ulang Arduino

IOREF : Pin ini adalah referensi input/output. Ini memberikan referensi tegangan yang dengannya mikrokontroler beroperasi.

Pinout Analog

Arduino Uno memiliki 6 pin analog, yang memanfaatkan ADC (Analog to Digital converter).

Pin ini berfungsi sebagai input analog tetapi juga dapat berfungsi sebagai input digital atau output digital.

Pinout Digital

Pin 0-13 dari Arduino Uno berfungsi sebagai pin input/output digital.

Pin 13 dari Arduino Uno terhubung ke LED built-in.

Di Arduino Uno - pin 3,5,6,9,10,11 memiliki kemampuan PWM

Apa itu pwm ?

Secara umum, Pulse Width Modulation (PWM) adalah teknik modulasi yang digunakan untuk mengkodekan pesan menjadi sinyal berdenyut. PWM terdiri dari dua komponen utama: frekuensi dan siklus kerja. Frekuensi PWM menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu siklus (periode) dan seberapa cepat sinyal berfluktuasi dari tinggi ke rendah. Siklus tugas menentukan berapa lama sinyal tetap tinggi dari total periode. Siklus tugas diwakili dalam persentase.

Di Arduino, pin yang diaktifkan PWM menghasilkan frekuensi konstan ~ 500Hz, sedangkan siklus kerja berubah sesuai dengan parameter yang ditetapkan oleh pengguna. Terlihat seperti gambar dibawah ini

Penjelasan Lengkap Pinout Pada Arduino Uno

Sinyal PWM digunakan untuk kontrol kecepatan motor DC, peredupan LED, dan lainnya

Protokol Komunikasi

Serial (TTL) : Pin digital 0 dan 1 adalah pin serial Arduino Uno.

komunikasi ini menggunakan modul USB.

Pin SPI : SS/SCK/MISO/MOSI adalah pin khusus untuk komunikasi SPI. Mereka dapat ditemukan pada pin digital 10-13 dari Arduino Uno dan pada header ICSP.

I2C : Pin SCL/SDA adalah pin khusus untuk komunikasi I2C. Di Arduino Uno mereka ditemukan pada pin Analog A4 dan A5.

Aref : Tegangan referensi untuk input analog.

Interupsi : INT0 dan INT1. Arduino Uno memiliki dua pin interupsi eksternal.

Interupsi Eksternal : Interupsi eksternal adalah interupsi sistem yang terjadi ketika ada gangguan dari luar. Interferensi dapat berasal dari pengguna atau perangkat keras lain dalam jaringan. Kegunaan umum untuk interupsi ini di Arduino adalah membaca frekuensi gelombang persegi yang dihasilkan oleh encoder atau membangunkan prosesor pada peristiwa eksternal.

Ada dua pin interupsi eksternal pada ATmega168/328 yang disebut INT0 dan INT1. baik INT0 dan INT1 dipetakan ke pin 2 dan 3. Sebaliknya, interupsi Perubahan Pin dapat diaktifkan pada salah satu pin.

ICSP : adalah singkatan dari In-Circuit Serial Programming. Nama tersebut berasal dari In-System Programming headers (ISP). Produsen seperti Atmel yang bekerja dengan Arduino telah mengembangkan header pemrograman serial dalam sirkuit mereka sendiri. Pin ini memungkinkan pengguna untuk memprogram firmware papan Arduino. Ada enam pin ICSP yang tersedia di papan Arduino yang dapat dihubungkan ke perangkat programmer melalui kabel pemrograman.

Penjelasan Lengkap Pinout Pada Arduino Uno


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments