[Lengkap] Bagian - Bagian Komputer dan Fungsinya

7:13 PM

Kali ini akan membahas mengenai bagian – bagian komputer beserta fungsinya, komputer dibagai menjadi due yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software, hardware juga terdiri dari beberapa komponen yaitu internal hardware dan eksternal hardware.

[Lengkap] Bagian -  Bagian Komputer dan Fungsinya

Internal hardware terdiri dari :

  • Motherboard : Merupakan komponen yang menampung atau tempat unit pemrosesan pusat (CPU) dan perangkat keras internal penting lainnya dan berfungsi sebagai hub pusat yang dijalankan oleh semua komponen perangkat keras lainnya.
  • CPU / Processor : Adalah otak dari komputer yang memproses dan mengeksekusi instruksi digital dari berbagai program, kecepatan clocknya menentukan kinerja dan efisiensi komputer dalam memproses data.
  • Random Access Memory (RAM) : Perangkat keras fisik di dalam komputer yang menyimpan data sementara. Hal ini biasanya ditemukan di slot memori motherboard. Perannya adalah sebagai "memori kerja" komputer untuk informasi yang dibuat oleh program, secara umum semakin cepat RAM, semakin cepat kecepatan pemrosesan di mana memori memindahkan data ke komponen lain.
  • Hard disk : Perangkat penyimpanan fisik yang menyimpan data permanen dan sementara dalam format yang berbeda, termasuk program, OS, file perangkat, foto, dll.
  • Heatsink : Perangkat keras pasif yang menarik panas dari komponen untuk mengatur/mengurangi suhunya guna membantu memastikan komponen tersebut terus berfungsi dengan baik. Biasanya, heat sink dipasang langsung di atas CPU / processo, karena processor komponen yang menghasilkan panas paling banyak di antara komponen internal lainnya.
  • Network interface card (NIC) : NIC adalah papan sirkuit atau chip yang memungkinkan komputer terhubung ke jaringan, juga dikenal sebagai adaptor jaringan atau adaptor jaringan area lokal, biasanya mendukung koneksi ke jaringan Ethernet.

Eksternal hardware terdiri dari input dan output.

Dibawah ini merupakan beberapa contoh input hardware :

  • Mouse : perangkat untuk menggerakkan kursor di sekitar layar komputer dan memungkinkan interaksi dengan objek di layar. Terdapat mouse yang kabel atau nirkabel.
  • Keyboard : perangkat input yang menampilkan keyset QWERTY standar yang memungkinkan user memasukkan teks, angka, atau karakter khusus.
  • Mikrofon : perangkat yang menerjemahkan gelombang suara menjadi sinyal listrik dan mendukung komunikasi audio berbasis komputer.
  • Kamera : perangkat yang menangkap gambar visual dan mengirimkannya ke komputer atau melalui komputer ke jaringan yang terhubung
  • Touchpad : perangkat input, eksternal atau bawaan laptop, yang digunakan untuk mengontrol penunjuk pada layar tampilan. Ini biasanya merupakan alternatif untuk mouse eksternal.
  • USB flash drive : perangkat penyimpanan eksternal yang dapat dilepas yang menggunakan memori flash dan antarmuka dengan komputer melalui port USB.

Contoh output hardware yaitu :

  • Monitor : perangkat output yang mirip dengan layar TV yang menampilkan informasi, dokumen, atau gambar yang dihasilkan oleh perangkat komputasi.
  • Printer : membuat data elektronik berupa softfile dari komputer menjadi bentuk hardfile atau bentuk fisik yang dapat dirasakan.
  • Speaker : perangkat output audio eksternal yang terhubung ke komputer untuk menghasilkan output suara.

Headphone, earphone, earbud. Mirip dengan speaker, perangkat ini menyediakan output audio yang hanya dapat didengar oleh satu pendengar.

Perangkat keras mengacu pada komponen nyata komputer atau sistem pengiriman yang menyimpan dan menjalankan instruksi tertulis yang disediakan oleh perangkat lunak. Perangkat lunak adalah bagian tidak berwujud dari perangkat yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat keras dan memerintahkannya untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak komputer mencakup hal-hal berikut:

  • OS atau operating system
  • program yang mengontrol fungsi komputer tertentu
  • aplikasi yang biasanya melakukan operasi pada data yang disediakan pengguna.

Karena perangkat lunak dan perangkat keras bergantung satu sama lain untuk memungkinkan komputer menghasilkan keluaran yang berguna, perangkat lunak harus dirancang untuk bekerja dengan baik dengan perangkat keras.

Kehadiran perangkat lunak berbahaya, atau malware, seperti virus, Trojan horse, spyware, dan worm, dapat berdampak besar pada program komputer dan OS sistem. Perangkat keras tidak terpengaruh oleh malware.

Namun, malware dapat memengaruhi sistem dengan cara lain. Misalnya, ia dapat menghabiskan sebagian besar memori komputer atau bahkan mereplikasi dirinya sendiri untuk mengisi hard drive perangkat. Ini memperlambat komputer dan juga dapat mencegah program yang sah berjalan. Malware juga dapat mencegah pengguna mengakses file di penyimpanan perangkat keras komputer..

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments