Cara Cepat Program Led Kedip/Blink Dengan Arduino Untuk Pemula

7:00 AM

  

Perangkat Lunak Arduino

Arduino dapat untuk digunakan  pada pengembangan objek interaktif, mengambil input dari berbagai sakelar atau sensor, serta mengontrol berbagai lampu, motor, dan output lainnya. Proyek Arduino bisa berdiri sendiri, atau juga dapat berkomunikasi dengan software yang berjalan pada komputer (misalnya: flash, pemrosesan, maxmsp, database, dll.). board arduino bisa dibuat sendiri atau juga bisa dibeli; untuk aplikasi pemrograman Arduino IDE bersifat open-source sehingga dapat diunduh secara gratis.

Arduino adalah perangkat lunak open source yang digunakan untuk mengetik kode program dan menguploadnya ke board mikrokontroer Arduino. Perangkat lunak Arduino dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux. Perangkat lunak ini diketik dalam bentuk dan pemrosesan Java, AVR-GCC dan perangkat lunak open source lainnya. Perangkat lunak Arduino dapat di doenload di situs Arduino (https://www.arduino.cc/) yang kini sudah memiliki versi 1.8.19, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Perangkat Lunak Ide Arduino (Integrated Development Environment) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengembangan aplikasi mikrokontroler dari penulisan sourch program, upload dari hasil kompilasi, dan hasil pengujian serial. Arduino dapat dieksekusi di komputer dengan berbagai platform karena didukung atau didasarkan pada bahasa pemrograman  Java. Sourch program yang diciptakan untuk aplikasi mikrokontroler yaitu bahasa C / C ++ dan dapat dikombinasikan dengan assembly.

 

Penjelasan Lengkap Pemrograman Arduino IDE

Selain Arduino IDE sebagai intinya, bootloader juga inti dari Arduino lainnya dalam bentuk program kecil yang dieksekusi tak lama setelah mikrokontroler diberikan tegangan catu daya. Bootloader ini berfungsi sebagai monitor kegiatan yang diinginkan oleh Arduino. Jika dalam ide ada file kompilasi yang akan diupload, maka bootloader secara otomatis menerimanya untuk kemudian disimpan di dalam memori program. Jika pada saat awal mikrokontroler berfungsi, bootloader akan menjalankan program aplikasi yang telah diunggah sebelumnya. Jika ide nya akan mengunggah program baru, maka bootloader segera menghentikan proses eksekusi program dan berhanti yang menerima program yang selanjutnya untuk diprogram lebih lanjut dalam memori program mikrokontroler.

Hubungan antara komunikasi data dengan Arduino ide dan papan board Arduino menggunakan komunikasi serial dengan protokol RS232. Jika papan Arduino dilengkapi dengan komunikasi seri RS232 (umumnya USB), itu dapat secara langsung dihubungkan ke usb komputer. Perangkat serial RS232 ini digunakan jika papan Arduino atau Arduino buatan sendiri tidak dilengkapi dengan perangkat serial 232.

Prosedur Menggunakan Arduino Board

  1. Menyiapkan Arduino Board dan Kabel USB
  2. Men-download Software Arduino Dapatkan versi terbaru dari halaman download yang tersedia di situs resmi Arduino, https://www.arduino.cc/en/Main/Software. Setelah unduhan selesai, ekstrak file yang diunduh (jika mengunduh file jenis .zip). Pastikan untuk mempertahankan struktur file. Klik dua kali folder untuk membukanya, kemudian akan terdapat beberapa file serta subfolder di dalamnya.
  3. Hubungkan board Arduino ke komputer Arduino UNO, Mega Duemilaanove dan Arduino Nano memerlukan sumber listrik dari salah satu koneksi USB USB atau catu daya eksternal. Sumber daya dengan jumper dipilih, kandungan plastik kecil antara USB dan Jack Electric. Periksa apakah jumper diatur dalam dua pin yang paling dekat dengan port USB atau tidak. Hubungkan board Arduino ke komputer dengan kabel USB. Indikator LED hijau (pelabelan PWR) akan menyala.

Membuka Software Arduino

  • Buka aplikasi Arduino IDE dengan mengklik 2 kali icon aplikasinya
  • Buka contoh program blink dengan cara : File > Examples > Basics > Blink.
program blink arduno ide
  • Pilih Board yang kalian gunakan dengan memilih pada menu Tools > Board Arduino yang kalian pakai. Contohnya menggunakan board Arduino Uno maka pilih Arduino Uno
program blink arduno ide
  • Pilih koneksi USB yang terhubung dengan board arduino dengan cara pilih menu tools > Port > COM yang aktif .
program blink arduno ide
  • Kemudian klik upload. Lalu tunggu sebentar dan akan terlihat LED RX dan TX pada Arduino Board berkedip.
program blink arduno ide

Kesimpulan :

  • Arduino adalah papan tunggal mikrokontroler yang serba guna dan bisa diprogram dengan mudah serta bersifat open-source.
  • Arduino Uno merupakan salah satu kit mikrokontroler dengan basis mikrokontroler ATmega328. Modul ini juga dilengkapi dengan banyak hal yang dibutuhkan agar mendukung mikrokontroler dalam bekerja.
  • bahasa pemrograman C++ yang digunakan pada Arduino IDE merupakan versi yang telah disederhanakan, jadi lebih mudah untuk pemula dalam belajar pemrograman.
  • Software Arduino IDE (Integrated Development Environment) merupakan sebuah software yang memudahkan untuk mengembangkan aplikasi mikrokontroler dimulai ketika menuliskan source program, kompilasi, upload hasil kompilasi, sampai uji coba secara terminal serial.
  • Hubungan komunikasi data antara IDE arduino dengan board Arduino digunakan komunikasi secara serial dengan protokol RS232.
Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments