Pengertian Resistor Fungsi dan Simbolnya

8:14 PM

jenis jenis resistor

Penjelasan singkat mengenai resistor

Apakah kalian sudah mengetahui apa itu resistor? Ya, resistor merupakan komponen elektronika yang memiliki fungsi menghambat arus listrik. Resistansi dari resistor akan membatasi aliran elektron yang melewatinya melalui rangkaian elektronika.

Resistor yaitu sebuah komponen elektronika yang termasuk dalam komponen pasif, yang artinya komponen yang hanya bisa mengkonsumsi daya tetapi tidak bisa menghasilkan daya sendiri. Kebanyakan dari komponen resistor ini ditambahkan pada rangkaian suatu sirkuit elektronik yang mana fungsinya sebagai komponen pelangkap daro komponen aktif atau tambahan dari suatu rangkaian dari komponen aktif pada sirkuit tersebut misalnya seperti pada rangkaian power suply, mikrokontroler dan berbagai rangkaian sirkuit lainnya. Pada umumnya penggunaan resistor ini untuk membatasi arus listrik, sebagai pembagi tegangan, dan juga sebagai jalur I/O pull-up

Arus listrik yang dihambat oleh resistor diukur dalam satuan ohm, atau pada simbol yunani yaitu huruf kapital omega Ω. Penjelasan dari nilai suatu resistor misalkan 1Ω adalah 1 volt energi potensial yang diterapkan akan kuat mengangkat beban 1 ampere arus.

Pada nilai dari resistor juga biasanya jika nilainya terlalu banyak juga dapat dibaca menggunakan satuan SI yaitu kilo,mega, atau giga sehingga jika nilai resistor besar maka nilai resistor tersebut lebih mudah dibaca. Sangat banyak ditemukan nilai dari suatu resistor dengan nilai kiloohm (kΩ) ada juga yang megaohm (MΩ), misalnya dalam nilai ohm yaitu 4.700Ω untuk lebih mudah dibacanya yaitu menjadi 4,7 kΩ. Dan juga semisal nilai resistor 5.600.000Ω dapat juga dibaca menjadi 5.600 kΩ atau yang lebih umum biasanya disebut juga 5.6 MΩ

Simbol resistor

Pada umumnya semua resistor memiliki dua terminal. Dan terdapat satu koneksi di setiap ujung dari resistor. Ketika digambarkan pada skematik rangkaian akan muncul salah satu simbol dari ke dua simbol yang tertera pada gambar dibawah ini :

simbol resistor


Resistor memiliki berbagai jenis bentuk dan ukuran, dan berbagai macam cara pemasangannya, mulai dari dimasukkan lubang rangkaian sirkuit ataupun hanya diatas permukaan dari rangkaian sirkuit.

Bahan dari resistor

Resistor dibuat dari berbagi macam bahan dan paling umum pada resistor modern dibuat dari film karbon, logam ataupun oksida logam, bahan film resistor ini sangat tipis dan konduktif meskipun masih resistif yang dibungkus dalam heliks dan sekitarnya ditutup oleh bahan isolasi yang dapat melindungi bahan yang ada di dalamnya.

Penanda resistansi dari resistor

Penandaan resistor tidak ditulis nilai sebenarnya secara langsung pada bagian luar resistor, melainkan ditandai dengan kode huruf ataupun warna gelang, misalnya pada resistor PTH mengunakan kode warna gelang dan untuk resistor smd menggunakan penanda kode nilai tersendiri yang terdapat pada permukaan resistor.

Kode warna gelang pada resistor PTH

Pada resistor jenis ini biasanya menggunakan kode warna gelang untuk mengetahui nilai dari resistor tersebut, kebanyakan resistor yang sering digunakan yaitu memiliki 4 warna gelang yang melingkari resistor tersebut. Dan ada juga yang memiliki 5 warna gelang pada permukaan resistor tersebut bahkan ada juga yang memiliki 6 warna gelang.

gelang warna resistor

4 warna gelang

Pada resistor yang memiliki 4 warna gelang yaitu pada 2 gelang pertama menunjukkan 2 digit nilai yang signifikan dari resistor tersebut, dan warna gelang ke3 yaitu menunjukkan bobot dan pita terahir menunjukkan nilai toleransi resistor, maksud dari toleransi ini yaitu seberapa banyaknya nilai atau seberapa kecilnya nilai  hambatan yang sebenarnya. Karena tidak ada resistor yang di buat sempurna dengan nilai toleransi yang pasti. Proses pembuatan resistor yang mempengaruhi nilai toleransi lebih baik ataupun lebih buruk. Miaslnya nilai resistor 1kΩ dengan toleransi 5% nilai sebenarnya yaitu berada antara 0,95kΩ dan 1,05kΩ

Untuk mengetahui warna gelang terahir seringkali digunakan warna emas ataupun perak sebagai penanda bahwa itu adalan urutan terahir atau nilai toleransi dari sebuah resistor.

5 dan 6 warna gelang

Resistor dengan 5 warna gelang memiliki rentang nilai toleransi yang lebih luas, dan resistor 6 gelang warna pada dasarnya sama dengan resistor dengan 5 gelang warna, hanya saja pada ujung gelangnya menunjukkan koefesien suhu, suhu yang terbaca dalam resistor ini yaitu celcius. Pada umumnya nilai dari suhu ini sangat kecil yaitu dalam kisaran ppm.

 

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments