Tutorial Lengkap Membuat Lampu Flip Flop/ Lampu Strobo

2:46 PM

Pada artikel ini akan dibahas cara membuat rangkaian lampu flip flop yang biasa digunakan pada lampu strobo mobil polisi atau sejenisnya. Langsung saja ke pembahasannya.

Tutorial Lengkap Membuat Lampu Flip Flop/  Lampu Strobo

Penjelasan flip flop

Rangkaian flip flop ini dibuat menggunakan 2 buah rangkaian led atau lebih dengan cara kerja mati dan nyala secara bergantian. Supaya lampu dapat hidup dan mati secara bergantian maka perlu beberapa komponen elektronikan tambahan seperti transistor yang berfungsi sebagai saklar dan kapasitor, dan biasanya digunakan kapasitor berjenis elektrolit atau juga disebut elco (elektrolit condensator) yang mana fungsi dari kapasitor ini yaitu untuk menyimpan muatan listrik sesuai kapasitansi yang digunakan dan melepaskan muatan listrik tersebut dalam satuan waktu.

Rangkaian flip flop ini merupakan rangkaian yang paling sederhana dan banyak digunakan sebagai bahan pembelajaran awal untuk belajar tentang elektronika. Rangkaian lampu flip flop ini merupakan rangkaian paling dasar dari sebuah memori 1 bit, atau dapat diartikan sebagai multivibrator maksunya yaitu kondisi output tergantung pada kondisi input.

Dibawah ini contoh rangkaian flip flop yang sederhana dengan dua buah transistor 
rangkaian lampu flip flip strobo

Komponen yang digunakan pada rangkaian diatas yaitu :

  • Led 1
  • Led 2
  • R1, R2 : 100 ohm
  • R1, R2 : 10k ohm
  • C1, C2 : 100uF/16V
  • Tr 1, Tr 2 : BC547

Rangkaian flip flop diatas dapat menggunakan catu daya 6 sampai 9V dc, jadi untuk catu daya dapat menggunakan baterai, dan untuk mengganti durasi berkedip antara satu lampu dengan yang lain maka ubah kapasitansi kapasitor yang digunakan menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai keinginan.

Rumus untuk menghitung durasi flip flop kedua lampu

Hal yang sangat penting untuk mengatur durasi dari nyala dan hidupnya lampu secara bergantian yaitu kapasitansi kapasitor. Berikut rumusnya :

t=(koefesien)*R*C

Keterangan : 

  • t : waktu per second
  • Koefesien : 0.7
  • R : resistor
  • C : kapasitor

Contoh untuk perhitungannya yaitu :

R= 42k ohm = 42000 ohm
C= 100uF = 0.0001 F
t = 0.7 * 42000 * 0.0001
= 0.7 * 4.2
=2.94 detik

Jadi kesimpulannya yaitu lampu akan hidup dan mati atau berkedip secara bergantian dengan durasi waktu 2.92 detik per lampu

Fungsi kedua kapasitor dari rangkaian diatas yaitu sebagai komponen pembantu untuk mentriger transistor pada waktu arus listrik dari kapasitor dikeluarkan sampai arus yang tersimpan didalam kapasitor kosong dan pada saat proses pengisian arus listrik lagi terhadap kapasitor akan terjadi delay waktu lampu mati, dan rumus diatas lah cara untuk menghitung durasi lama mati dan hidupnya lampu berdasarkan kapasitansi kapasitor.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba...


Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments