20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

4:12 PM

 

Pada zaman sekarang perkembangan teknologi sangat pesat yang tentunya memberikan dampak yang besar pada dunia teknik. Salah satunya yaitu smart phone yang tentunya banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Banyak aplikasi dan program yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat supaya memudahkan dan tentunya dapat lebih efesien waktu. Misalnya aplikasi aplikasi dalam bidang elektro. Pada zaman dahulu diharuskan membaca buku atau melakukan perhitungan secara manual yang tentunya akan memakan waktu yang lumayan lama, dan sekarang semua itu bisa dilakukan dengan waktu yang cepat hanya menggunakan sebuah aplikasi pada smart phone, aplikasi tersebut dapat didownload dengan mudah pada store yang ada pada smart phone, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tentunya yang berbayar dan yang gratis memiliki perbedaan yang sangat signifikan yaitu pada fitur yang ada didalam aplikasi yang mana jika pada versi berbayar akan lebih banyak fitur yang ditawarkan namun pada yang versi gratis fitur tidak selengkap yang berbayar, dan juga pada versi berbayar biasanya tidak akan muncul iklan pada aplikasi sehingga tidak mengganggu pengguna.

Ada banyak macam aplikasi untuk belajar elektronika yang tersedia pada store di smart phone, berikut ini 20 aplikasi yang dapat digunakan pada smart phone untuk menunjang belajar atau dalam melakukan pekerjaan.

1. Electrodoc

Untuk tampilan utama pada aplikasi electronicdoc seperti pada gambar dibawah ini :

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Fitur pada electronicdoc meliputi :

  • Terdapat splugin untuk memperluas fungsi aplikasi
  • Memiliki berbagai pilihan bahasa untuk pengguna dan dapat dipilih dengan mudah
  • Gambar pada aplikasi merupakan gambar terupdate dan memiliki kualitas tinggi sehingga gambar tidak pecah
  • Pada aplikasi electrodoc tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Untuk versi yang berbayar tidak ada iklan yang muncul dan fitur lebih lengkap dari yang versi gratis.

2. Electronic Technology

Palikasi ini merupakan aplikasi yang sangat dasar untuk belajar elektronika  untuk siswa ataupun mahasiswa, aplikasi ini dapat digunakan secara offline.

electronic technology

Fitur pada aplikasi ini meliputi :

  • Kalkulator teknik elektro
  • Advance wire size
  • IC 555 timer
  • Nilai resistor
  • Kapsitas baterai dll

3. EveryCircuit

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Pada aplikasi ini berisikan bagaimana memahami dan merancang rangkaian elektronika dan mengetahui cara kerjanya. Project yang dapat dibangun dari aplikasi ini misalnya gerbang logika, penguat listrik. Led berkedip dan masih banyak rangkaian lainnya yang bisa dibuat. Aplikasi ini cocok untuk smart phone terutama untuk yang ingin belajar elektronika

4. ElectroDroid

electrodoid

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan karena pada aplikasi ini berisi banyak informasi-informasi mengenai komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, kode warna resistor dan masih banyak lainnya

5. DroidTesla

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Pada aplikasi ini kita dapat melakukan simulasi dan menganalisa rangkaian listrik. Mampu untuk memberikan solusi pada rangkaian linier ataupun nonlinier seperti induktif dan BJT, diode, transistor, tegangan arus AC atau DC dan masih banyak lainnya. san aplikasi ini tersedia dalam versi Gratis dan PRO, sama seperti aplikasi sebelumnya untuk versi PRO yang pastinya terdapat banyak fitur tambahan yang tidak ada pada versi Gratis.

6. Lessons In Electric Circuit

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Aplikasi ini merupakan e-book yang berisi tentang pembahsan seputar materi teknik elektro, terdapat 6 Volume yaitu :

  • 1 - Arus DC
  • 2 - Arus AC
  • 3 – Semikonduktor
  • 4 - Digital
  • 5 - Reference
  • 6 - Experiments

7. Electrical Engineering Pack

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Aplikasi ini cocok untuk insinyur listrik ataupun untuk siswa dan mahasiswa. Pada aplikasi ini terdiri dari

  • 39 fitur menghitungan listrik /  kalkulator listrik
  • 16 fitur konverter listrik

Namun aplikasi ini hanya tersedia dalam versi Pro saja atau berbayar sehingga harus membelinya terlebih dahulu untuk mengaksesnya.

8. Electrical Pro

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Pada aplikasi ini tersedia berbagai fitur yang cukup hebat sehingga kita dapat menghitung :

  • Perhitungan mengenai motor
  • Menghitung kesalahan pada elektronik
  • Step down atau penurun tegangan
  • Kawat pada ampacity
  • Menghitung arus transformator atau trafo dll

9. Electronic Toolkit

Pada aplikasi ini menyediakan kode warna pada resistor, rangkaian paralel dan seri, kapasitor, terdapat juga fitur untuk menghitung tahanan, medan magnet, daya faktor segitiga dan masih banyak lainnya. aplikasi ini tersedia dalam versi Gratis dan Berbayar atau Pro.

10. Smart Logic Simulator

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika


Aplikasi ini merupakan simulasi untuk merangkai sirkuit elektronika sehingga untuk persisapan sebelum merangkai sirkuit secara langsung agar dapat menguragi resiko kesalahan. Terdapat juga berbagai macam sensor misalnya sensor cahaya, sensor jarak dan masih banyak lainnya, aplikasi ini dapat didownload melalui play store.

11. Boolean TT


Aplikasi ini dapat membuat berbagi model simulasi dalam bidang teknik industri khususnya perancangan elektronika. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur misalnya

  • Dapat menyederhanakan gerbang logika sehingga menjadi mudah
  • Terdapat berbagai pilihan bahasa yang dapat dipilih secara gratis oleh pengguna
  • Terdapat fitur tentang tabel kebenaran, membuat SOP dan masih banyak lainnya.

12. Electrical Wiring

Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur baban tertinggal, penurun tegangan, ukuran kawat tanah, ukuran kawat alumunium atau tembaga dan komponen lainnya. aplikasi ini tersedia dalam versi lite dan pro

13. Electrical LV Calculator

Aplikasi ini digunakan untuk merancang sistem kelistrikan dengan tegangan rendah, fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk merancang sistem kelistrikan supaya mengurangi daya reaktif. Dapat juga untuk menghitung arus pendek yang ditimbulkan, stepdown dan juga untuk mengukur diameter kawat kabel minimum dan maksimum dll.

14. Mobile Electrician

Mobile electrician merupakan aplikasi android untuk siswa atau mahasiswa dan juga teknisi listrik untuk menghitung tentang arus kelistrikan atau konverter arus

15. PICmicro Database

Aplikasi ini digunakan untuk mengenal memeriksa atau membandingkan karakteristik, mengetahui jenis jenis dari IC dan masih banyak lainnya mengenai IC atau microchip

16. PCB Droid

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Dari nama aplikasinya saja sudah bisa ditebak bahwa fungsi aplikasi ini untuk membuat layout rangkaian elektronika. Biasanya dalam laptop / komputer menggunakan eagle atau proteus untuk membuat rangkaian layout PCB tetapi dalam smart phone dapat menggunakan aplikasi PCB Droid ini, sehingga kita dapat membuat layout PCB dimanapun tanpa harus membuka laptop / komputer terlebih dahulu.

17. Circuit Solver

circuit solver

Aplikasi ini mirip dengan aplikasi sebelumnya yaitu every circuit ataupun droid tesla, aplikasi ini juga tidak selengkap 2 aplikasi tadi, tetapi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk simulasi rangkaian elektronika

18. Logic Simulator Pro

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk simulai gerbang logika, kalian dapat merangkai gerbang logika dan melihat hasil yang telah dirangkai tadi. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk belajar logika, aplikasi ini juga menyediakan beberapa komponen pendukung seperti button, LCD, lampu dll.

19. mPlan Electrical Diagram

20 Aplikasi Android Smart Phone Untuk Belajar Elektronika

aplikasi ini juga tak jauh beda dengan aplikasi lainnya yaitu untuk merancang atau membuat skematik elektronika. Aplikasi ini juga cocok untuk dijadikan alat belajar dalam merangkai komponen elektronika.

20. Electrical Engineering

Aplikasi ni hanya terdiri dari 3 fitur yaitu

  • Kalkulator listrik
  • Penghitung arus rangkaian listrik
  • Rumus rumus yang berhubungan dengan listrik
Sekian beberapa aplikasi android untuk membantu belajar atau membuat project elektronika, semoga bermanfaat...

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments